Monday 31 July 2017

ASUS ZenFone Zoom S vs OPPO F3 Plus Review: Ponsel Harga 5 Jutaan Memiliki Kelebihan & Kekurangan, Pilih Mana?


Persaingan ponsel pintar di rentang harga 5 jutaan di Indonesia bisa dibilang tidak begitu ramai, karena hanya sedikit yang merilis unit smartphone untuk harga tersebut. Meski sedikit, saat ini ada 2 ponsel yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai perbandingan, yaitu ASUS Zenfone Zoom S dengan OPPO F3 Plus.


Untuk saat ini, ponsel ASUS ZenFone Zoom S dijual dengan harga kisaran Rp 5,4 Juta hinga Rp 5,7 Juta (harga, sedangkan untuk ponsel OPPO F3 Plus ada direntang harga Rp 5,6 Juta hingga Rp 6 Juta.


Diawali dari desainnya, kedua smartphone tersebut punya kesamaan dengan menggunakan konstruksi unibody berbahan metal. Finishing yang digunakan juga tidak berbeda, sedangkan feel saat berada di tangan bisa dibilang kurang lebih sama. Namun yang cukup membedakan keduanya adalah soal ukurannya, karena OPPO F3 Plus punya dimensi ukuran lebih besar dibandingkan dengan ZenFone Zoom S.


Oleh karena itulah, kenyamanan ketika memakai dengan satu tangan lebih baik pada ponsel ZenFone Zoom S. Selain lebih mudah bernavigasi pada layar, ukuran pada ZenFone Zoom S juga lebih memudahkan untuk menekan tombol power ataupun volume.

Tapi kalo bicara soal tombol capasitive yang ada di bawah layar, ponsel OPPO F3 Plus ini lebih unggul karena sudah memiliki lampu backlight yang bakal mempermudah pemakaian ketika berada di tempat dengan cahaya yang kurang memadai.


Lalu, untuk pemindai sidik jari (fingerprint), kedua ponsel tersebut menempatkannya pada posisi yang berbeda. ASUS meletakannya di bagian belakang ponsel, sedangkan OPPO di bagian depan ponsel.
Manakah yang lebih enak? Sebenarnya sih relatif, karena bagi saya keduanya sama-sama oke buat dijangkau.

Untuk layarnya, baik ZenFone Zoom S ataupun OPPO F3 Plus sama-sama memiliki resolusi Full HD namun dengan ukuran dan jenis panel yang berbeda. Pada layar OPPO F3 Plus berukuran 6 inchi dengan panel JDI Incell, sedangkan pada layar ZenFone Zoom S berukuran 5,5 inchi dengan panel AMOLED.


Bagi kalian yang mencari ponsel berlayar besar, OPPO F3 Plus ini mungkin jadi pilihan yang lebih sesuai. Namun bagi saya pribadi, ZenFone Zoom S lebih baik di sektor ini. Tidak hanya karena karakteristik warna yang lebih enak di pandang mata, ukurannya yang pas juga membuat ponsel ini menjadi tidak lebih besar lagi dan lebih nyaman untuk digunakan. Tambahan lainnya, panel AMOLED juga berkontribusi pada daya tahan baterai yang membuat ZenFone Zoom S jauh lebih awet dibandingkan OPPO F3 Plus.

Soal kapasitas baterai, OPPO F3 Plus memang lebih kecil berkapasitas 4000 mAh dibandingkan ponsel ZenFone Zoom S yang berkapasitas 5000 mAh.
Namun meski terlihat selisih sedikit, daya tahan baterai OPPO F3 Plus yang punya kisaran screen on time hingga 5 jam masih kalah jauh dengan ZenFone Zoom S yang screen on time bisa sampai 10 jam. Namun sebagai kompensasinya, OPPO F3 Plus dilengkapi dengan fitur fast charging yang bisa mengisi baterai lebih cepat, yang mana fitur ini tidak dimiliki oleh ZenFone Zoom S.

Selain berkat kapasitas baterai yang lebih besar dan layar yang sedikit lebih kecil dengan panel AMOLED, prosesor yang ada pada ZenFone Zoom S juga punya andil pada baterai.
Meski demikian, sebenarnya ZenFone Zoom S terlihat masih bertenaga dibandingkan OPPO F3 Plus, namun pada pemakaian sebenarnya tidak ada perbedaan performa yang signifikan antara kedua ponsel tersebut.

Jadi, mau dipakai buat buka tutup sosmed, browsing, atau gaming secara intensif, ZenFone Zoom S atau OPPO F3 Plus sama-sama bisa menjalankan tanpa kendala. Tapi ya balik lagi, seperti yang sudah saya bilang kalo prosesor pada ZenFone Zoom S dengan fabrikasi 14 nano meternya menjadi lebih oke karena lebih efisien pada pemakaian baterai.

Di sektor software, baik ASUS ZenFone Zoom S atau OPPO F3 Plus, sama-sama memberikan kustomisasi secara menyeluruh pada tampilan antarmuka (interface). Tapi kalo bicara soal versi, ZenFone Zoom S lebih unggul karena sudah menggunakan OS Android Nougat, sedangkan OPPO F3 Plus masih bertahan dengan OS Android Marshmallow 6.0.1 dan belum ada tanda-tanda bakal mendapatkan update.


Selanjutnya untuk bagian yang mungkin paling ditunggu-tunggu dari komparasi kedua ponsel ini adalah soal kamera.
Mengenai resolusi, OPPO F3 Plus punya angka resolusi yang lebih tinggi dengan 16 MP, sedangkan ZenFone Zoom S hanya beresolusi 12 MP saja. Dan spesifikasi yang terlihat, OPPO F3 Plus tentu memiliki ukuran foto yang lebih besar dan mestinya bisa menangkap detail foto yang lebih kaya. Tapi, apakah benar demikian?

Ada beberapa kesempatan dari OPPO F3 Plus memang terlihat punya detail yang lebih baik, namun adakalanya juga ZenFone Zoom S bisa jauh lebih bagus seperti pada foto berikut ini.


Warna hasil foto pada OPPO F3 Plus kerap punya tendensi dingin sehingga hasil fotonya agak kebiruan, sedangkan hasil foto pada ZenFone Zoom S tendensinya cenderung lebih hangat.

Namun, kalo soal hasil foto dalam kondisi low light, Zenfone Zoom S lebih unggul dibandingkan dengan OPPO F3 Plus.



Meski ada noise dan terlihat kalo ASUS menaikkan ISO serta menurunkan shutter speed untuk membuat hasil foto lebih terang, tapi buat kalian yang cuma mau ambil foto secara cepat dan gak mau utak-atik mode manual, maka apa yang dilakukan ASUS tersebut tentunya bukan masalah besar.


Adapun soal hasil foto dari kamera depan, OPPO F3 Plus memang lebih unggul dibandingkan ZenFone Zoom S. Tapi, ternyata perbedaannya tidak terlalu signifikan karena adakalanya hasil foto selfie dengan ZenFone Zoom S justru lebih baik dibandingkan OPPO F3 Plus si selfie expert.

Soal hasil perekaman video dari kedua ponsel, saya mencomot referensi video dari Youtube dengan cara memotong video tersebut sehingga menampilkan hasilnya saja. Silakan nilai sendiri ya hasilnya.

Hasil Video dari kamera OPPO F3 Plus


Hasil video dari kamera ZenFone Zoom S


Secara keseluruhan dan menurut referensi pribadi saya, ASUS Zenfone Zoom S lebih UNGGUL dibanding OPPO F3 Plus karena beberapa alasan, antara lain:
  • Soal layar dengan panel AMOLED, lalu diikuti kapasitas baterai yang lebih tahan lama plus software terupdate (OS Android Nougat).
  • Soal performa dari kedua ponsel tidak memiliki selisih yang signifikan pada pemakaian harian.
  • Buat kamera juga tidak memiliki selisih yang signifikan, namun di luar itu ZenFone Zoom S atau OPPO F3 Plus punya kelebihan masing-masing yang exclusive. Keduanya sama-sama punya sistem dual kamera, tapi dengan posisi dan fungsi yang berbeda.

Spesifikasi Perbandingan ASUS ZenFone Zoom S vs OPPO F3 Plus


ASUS ZenFone Zoom S
OPPO F3 Plus
HARGA Rp5.4 Juta - Rp5.7 Juta Rp5.6 Juta - Rp6 Juta
bodi Metal Metal
PROSESOR Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 Qualcomm Snapdragon 653 Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A72 & 4x1.44 GHz Cortex-A53)
gpu Adreno 506 Adreno 510
ram 4 GB 4 GB
storage 32/64/128 GB 64 GB
layar IPS 5,5 inci 1.920 x 1.080 piksel (~424 ppi pixel density) IPS 6 inci 1.920 x 1.080 piksel (~367 ppi pixel density)
kamera belakang 12 MP & depan 13 MP belakang 16 MP & depan 16 MP
baterai 5.000 mAh 4.000 mAh
sistem operasi ZenUI 3.0 (Android 6.0.1 update to Nougat) ColorOS 3.0 (Android 6.0)
jaringan Dual-SIM 4G Dual-SIM 4G
konektivitas WiFi, Bluetooth v4.2, GPS, FM radio WiFi, Bluetooth v4.1, GPS
interface USB type-C 1.0, jack audio 3,5mm USB On-The-Go, jack audio 3,5mm
sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Jadi, kira-kira kamu bakal pilih yang mana? Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Baiklah saya rasa sekian aja perbandingan ponsel ASUS ZenFone Zoom S dengan OPPO F3 Plus serta dari sektor apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Kalo kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa dishare ke medsos dengan menekan tombol share yang tersedia di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.


Disqus Comments